31 October, 2008

Manual IDB & Perkuliahan Manajemen Koleksi

Untuk memudahkan teman-teman memahami IDB, berikut sedikit penjelasannya, klik disini.
Perkuliahan manajemen koleksi untuk hari Jum'at (31/10/08) bertempat di Perpustakaan, jam mengikuti jadwal, agenda presentasi IDB dan kolekse subyek kelompok.

Tips:
Buat teman-teman yang merasa kesulitan sign in sebagai author di IDB, ikuti langkah berikut:
  1. Ganti password e-mail anda menjadi minimal 8 digit, atau
  2. Buat email baru (disarankan di gmail) dengan password minimal 8 digit

30 October, 2008

Tugas Sumber Jasa dan Informasi

Tugas Individual:
  1. Membuat metrik perbandingan sumber reference
  2. Komparasi antara printed reference vs on-line reference
Tugas Kelompok, evaluasi kesesuaian antara koleksi perpustakaan dengan fakultas sebagai lembaga induknya :
  1. Perpustakaan Fakultas Teknik (Devi Andini, Hariyanto, Rikko)
  2. Perpustakaan Fakultas Ekonomi (Muslim, Jajang, Rahmat)
  3. Perpustakaan Fakultas Psikologi (A. Syaikhu, Yasir, Aris Nurohman)
  4. Perpustakaan Fakultas Hukum (Masrisal Miliani, Fahma Rianti)
  5. Perpustakaan Fakultas Keperawatan (Komarudin, Syihabumila, Erland)
  6. Perpustakaan FISIP ( Rasdanelis, Bahrul Ulumi, Sri Suharmini)
  7. Perpustakaan FIB (Umi R, Malta Nelisa, Siti Fatimah)
  8. Perpustakaan FMIPA ( Rika K, Juariah, Laila R)
  9. Perpustakaan FKM (Parhan, Rayi, Jurianto)
  10. Perpustakaan Fasilkom (Sofijan, A. Fauzie)
  11. Perpustakaan Pusat (Wiji, Umar, Puji)

29 October, 2008

Invitation from IDB

Kepada teman-teman dimohon untuk mengecek e-mailnya masing-masing, karena saya sudah mengirimkan undangannya, Insya Allah tidak ada yang terlewatkan, pasalnya ada beberapa yang menggunakan alamat e-mail lebih dari satu, mana yang mau digunakan ?.....

Untuk menulis deskrisi bibliografi anda harus mengaktifkan pada masing-masing IDB, karena ada 8 jenis IDB maka harus diaktifkan pada masing-masing halaman (sementara baru pada 5 IDB: books, articles, research, skripsi dan thesis).

Sedangkan untuk meng-upload dokumen, perhatikan jenis yang akan di-upload (contoh: ketika akan meng-upload dokumen berasal dari format buku maka harus berada pada halaman IDB Books, lalu klik icon upload maka akan diarahkan ke wikispaces). Meng-upload dokumen ini bisa dilakukan sebelum menulis deskripsi bibiliografi atau sesudahnya.

Untuk selengkapnya Insya Allah, akan saya paparkan paling lambat hari sabtu (1/11/08).

28 October, 2008

Islamic Database

Untuk teman-teman JIP_07, mulai saat ini sudah bisa meng up load dokumen ke "rumah" IDB, namun untuk dapat menulis deskripsi bibliografinya diperlukan invite, untuk itu mohon mengirimkan satu alamat e-mail yang masih aktif ke e-mail saya. Dengan aktifnya IDB ini maka teman-teman untuk tidak lagi meng-upload dokumen ke Butterfly project tetapi langsung ke Islamic Database

Saat ini baru 11 orang yang telah mendaftar dan telah mendapat undangan, yang lainnya ditunggu segera. Insya Allah pada hari Jum'at (31/10/08) atau Sabtu (01/11/08) akan disampaikan presentasi IDB untuk komunitas JIP_07. Ditunggu responnya.

27 October, 2008

OI - Kamis 30 Oktober 2008

Bahan yang harus dibawa dan dipelajari pada pertemuan tersebut adalah:
  1. Wynar's Introduction to Cataloging and Classification (Ch. 1, 3, 18)
  2. The Organization of Information (Ch. 4)
  3. Understanding MARC Bibliographic
  4. Understanding MARC Authority Records
Download, baca dan bawa:
  1. Tillet, Barbara. What is FRBR?, klik disini
  2. Statement of International Cataloging Principles, klik disini

23 October, 2008

Sayembara disain header

Sambil mengumpulkan dokumen yang akan diupload, ada baiknya mulai sekarang mencari label/nama untuk proyek data base yang sedang kita garap ini, tak kalah pentingnya juga dengan membuat disain/gambar/logo untuk diempatkan pada header situs. Untuk itu bagi teman-teman yang punya keahlian di bidang ini mohon konstribusinya (setahu saya Rayi dan Riko punya keahlian ini).

Disain gambar header dibuat dengan lebar minimal 660 pixel, tinggi proporsional dengan lebarnya. Perbandingannya kira kira 2:1 (contoh lebar 700 pixel : tinggi 350 pikel). Disimpan dalam format JPG, mencerminkn ilmu-ilmu keislaman. (atau ada kriteria lain dari teman-teman silahkan sampaikan di komentar)

Alhamdulillah program yang akan menjadi rumah data base kita sudah ada, hari sabtu tgl 27/10/2008 dijadwalkan akan dipresentasikan di Perpustakaan Pusat jam 09.00-10.00 wib, untuk itu mohon kehadiran teman-teman tepat pada waktunya.

22 October, 2008

Paparan Kelompok

Rabu, 22/10/2008 bertempat di ruang rapat perpustakaan pusat UI, Gd. A Lt.1, telah disampaikan presentasi dari 3 kelompok yaitu subyek pendidikan Islam, Ekonomi Islam dan Munakahat. Diharapkan setiap kelompok untuk menuliskan catatan dari presentasinya pada komentar, lalu mengupload slide power pointnya di sini.

Bagi teman-teman yang memerlukan contoh form isian untuk kesedian publikasi karya ilmiah dapat di download di sini

21 October, 2008

Stop Press (3 mata kuliah)

Kepada seluruh mahasiswa S2 DIPI angkatan 2007 dan 2008 mohon perhatiannya, berikut ini ada 3 butir informasi yang berkaitan dengan jadwal perkuliahan:


  1. Perkuliahan manajemen rekord (matrikulasi 2007) khusus untuk hari Rabu, tgl 22/10/ 2008 ditiadakan
  2. Perkuliahan manajemen koleksi (2007) untuk minggu ini jadwalnya dimajukan menjadi hari Rabu, 22/10/2008, jam 09.00, di ruang rapat gedung A Perpustakaan Pusat, presentasi kelompok
  3. Perkuliahan organisasi informasi (2007 & 2008) , kelas pengganti, yang dijadwalkan pada hari Kamis, 23/10/2008 diundur menjadi hari Kamis, 30/10/2008. Tolong ruangannya ditentukan, dan segera kabarkan ke bu Irma.
Terima kasih, atas perhatiannya.

Memenuhi Undangan Perkawinan

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Apabila seseorang diantara kalian diundang untuk menghadiri walimatul 'ursy (resepsi pernikahan), penuhilah" (H.R. Muslim)

Dalam hadis lain disebutkan bahwa : "Barang siapa yang tidak menghadiri undangan walimah (pernikahan), sungguh di telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya" (H.R. Muslim)

Berdasar atas dua hadis tersebut, maka wajib hukumnya bagi kita untuk menghadiri undangan dari saudara kita sesama muslim.

Untuk komunitas JIP_o7 ada undangan dari saudara kita, Pak Naspudin Sanip (petugas perpustakaan LAB DIPI) untuk menghadiri perhelatan pernikahan putrinya yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Oktober 2008 di Jl. Sarbini I No. 37 RT 09/05 Kel. Makasar Jakarta Timur.

Mohon pendapat (dan pendapatan tentunya...) dari teman-teman bagaimana baiknya apakah mau berjamaah atau sendiri-sendiri menghadiri undangan tersebut.

19 October, 2008

Up date data

Untuk memudahkan pemantauan dan perawatan data base content Islam (wikispaces butterfly project) maka data yang masuk akan di update setiap harinya pada jam 20.00. Untuk memudahkan maintenance dimohon agar teman-teman untuk sementara tidak mengakses wikispaces tersebut antara jam 20.00-21.00. Atas pengertiannya dihaturkan banyak terima kasih.

Berikut perkembangan data base sampai update terakhir, hari Minggu, tgl 19/10/2008, jam 20.00 wib :
Untuk update hari-hari berikutnya silahkan kunjungi Butterfly project

Catatan:
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dimohon uploader membuat back up data terakhir pada halaman subyek masing-masing.

17 October, 2008

Hasil Voting

1. Target/sasaran pengguna:
b. semua lapisan masyarakat (55,56 %)
2. Bahasa yang digunakan:
b. Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris (83,33 %)
3. Bentuk dokumen:
b. teks, gambar, audio, audio visual (83,33 %)
4. Cakupan dokumen (batasan geografis dan periodik):
a. Tidak ada batasan, baik geografis maupun periodik (44,44 %)
5. Format dokumen:
c. jawabannya variatif silahkan baca di komentar (66,67 %)
6. Sumber dokumen:
a. semua sumber apa saja (66,67 %)
7. Layanan informasi:
c. free, tetapi harus menjadi member (50 %)

untuk lengkapnya silahkan klik
disini

16 October, 2008

Undangan Presentasi Olaf Eigenbrodt

Berdasar surat undangan dari Perpustakaan UI No. : 673/PT02.H16/U/2008 yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa S2 DIPI Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonsia dengan ini diharapkan untuk menghadiri ceramah dan diskusi tentang Desain Gedung Perpustakaan oleh Olaf Eigenbrodt (ahli gedung perpustakaan) yang hadir di Indonesia atas undangan Goethe Institut Jakarta pada:

Hari/tanggal : Senin, 20 Oktober 2008
Pukul : 09.00 – 13. 00 WIB
Tempat : Ruang Serba Guna Gedung B Lt.3 Perpustakaan Universitas Indonesia Kampus UI Depok

Susunan Acara:
09.00 – 09.45 Pendaftaran peserta*
09.45 – 10.00 Pembukaan
10.00 – 11.00 Presentasi Olaf Eigenbrodt
11.00 – 11.45 Diskusi
11.45 – 12.00 Halal bi halal
12.00 – 13.00 Makan Siang
*disediakan snack, kopi dan teh

Mengingat pentingnya acara tersebut dimohon kepada seluruh mahasiswa S2 DIPI FIB UI untuk hadir tepat pada waktunya.

Ringkasan materi yang akan disampaikan dapat di lihat
di sini
atau mau paparan lengkapnya bisa di down load
di sini

Perkuliahan Manajemen Koleksi

Perkuliahan manajemen koleksi yang biasanya diadakan pada hari Jum'at Jam 13.00, maka khusus kali ini atas kesepakatan teman-teman diajukan ke hari Kamis, berikut ini risalahnya, klik disini

14 October, 2008

Pembimbing Tesis

Dengan mempertimbangkan judul-judul tesis yang telah diajukan maka Departemen menyetujui dan menetapkan judul-judul tesis berikut dosen pembimbingnya, sebagai berikut:
  1. Ahmad Fauzie, Pengaruh kinerja dan imbalan terhadap kepuasan pegawai Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pembimbing
  2. Ahmad Syaikhu, Pemanfaatan perpustakaan dalam proses pembelajaran di IAIN Ambon, pembimbing
  3. Aris Nurohman, Hubungan gaya kepemimpinan kepala perpustakaan dengan motivasi staf perpustakaan di perguruan tinggi; studi kasus di STAIN, UNSUD dan UMP Purwokerto, pembimbing
  4. Bahrul Ulum, Perlindungan UU No. 10 Tahun 2002 tentang Hak Cipta Buku dan Karya Lembaga, pembimbing
  5. Erland Cahyo Saputro, Identifikasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna perpustakaan; studi kasus di UPT Perpustakaan STAIN Surakarta, pembimbing
  6. Fahma, Kebutuhan informasi dan perilaku pencarian informasi staf pengajar STEI SEBI, pembimbing
  7. Hariyanto, Aksesibilitas Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Melayani Penyandang Disabilitas, pembimbing
  8. Jajang Burhanudin, Kontribusi fasilitas perpustakaan dan kinerja Pustakawan terhadap kepuasan pengguna; studi kasus di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pembimbing
  9. Juariah, Kajian pengelola koleksi monograf, pembimbing
  10. Jurianto, Analisis pengembangan Perpustakaan STAIN Curup Bengkulu, pembimbing
  11. Komarudin, Kajian layanan referensi di Perpustakaan STAIN Kediri, pembimbing
  12. Malta, Efektivitas jasa informasi terseleksi sebagai hasil information repackaging terhadap pendayagunaan koleksi surat kabar dan majalah di PNRI, pembimbing
  13. Masyrisal Miliani, Implementasi TQM di Perpustakaan IAIN STS Jambi, pembimbing
  14. Sri Suharmini, Strategi penerapan kurikulum pendidikan di UT, pembimbing
  15. Parhan Hidayat, Perbandingan layanan referensi antara perpustakaan UNPAD dan UPI, pembimbing
  16. Puji Rahrjo, Sumber internet tentang Islam dalam Bahasa Indonesia; kajian otoritas dan isi, pembimbing
  17. Rahmat Iswanto, Efisiensi kebijakan pengembangan koleksi tertulis sebagai penyeimbang kebutuhan informasi pengguna di perpustakaan pusat UI, pembimbing
  18. Rasdanelis, Evaluasi koleksi di perpustakaan UIN Suska Riau, pembimbing
  19. Rayi Pasya, Motivasi pengajar dalam memanfaatkan perpustakaan, pembimbing
  20. Rika Kurniawaty, Evaluasi proses digitalisasi Perpustakaan IAIN Mataram, pembimbing
  21. Riko, Pengaruh gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap kinerja staf perpustakaan STIT Singkawang, pembimbing
  22. Siti Fatimah, Kreatifitas pustakawan dalam pengumpulan angka kredit; studi kasus di perpustakan PTN di Samarinda, pembimbing dan pembimbing
  23. Sihabumila, Perilaku pencarian informasi melalui internet; kajian pengguna perpustakaan pusat UI, pembimbing
  24. Umar Falhul Alam, Kajian literasi informasi pada Direktorat Perpustakaan UII Yogyakarta, pembimbing
  25. Umi Rodiah, Kajian kebutuhan dan perilaku pencarian informasi Dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya, pembimbing
  26. Wiji Suwarno, Implementasi kode etik pustakawan; kajian perilaku pegawai perpustakaan STAIN Salatiga, pembimbing dan pembimbing
  27. Yasir Riadi, Penggunaan internet oleh mahasiswa di UPT Perpustakaan UNJ;persepsi dan harapan pengguna, pembimbing
  28. Laila Rahmawati, Pemanfaatan koleksi perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin, pembimbing
  29. Muslim, Efektifitas pemasaran perpustakaan terhadap pemanfaatan jasa informasi untuk penelitian di Perpustakaan PPS UIN Jakarta, pembimbing
  30. Sofyan Sauri, Pemanfaatan software perpustakaan berbasis open source dalam meningkatkan layanan perpustakaan PT, pembimbing
  31. Devi Mujar T, .....

Progress report

Dari usulan beberapa teman terkait dengan batas waktu, rasanya memang perlu disampaikan bahwa pembangunan database ke-Islaman ini berlangsung sampai Desember 2008, karena memang jadwal perkuliahan Manajemen Koleksi berakhir pada waktu tersebut. .

Untuk itu ada baiknya membaca maklumat berikut :
  1. Ghannt Chart, klik di sini
  2. Rekap visi-misi (kelompok subyek), klik di sini
Terima kasih

10 October, 2008

Voting

Terima kasih kepada teman-teman yang telah menyampaikan pendapatnya terkait dengan kebijakan pengembangan koleksi.

Dari masukan yang telah disampaikan maka perlu dibuat keputusan yang terkait dengan program ini. Diharapkan setiap anggota komunitas JIP 07 untuk menyampaikan hak suaranya (1 orang satu suara) pada beberapa rumusan kebijakan berikut:

1. Target/sasaran pengguna:
a. kelompok masyarakat tertentu
b. semua lapisan masyarakat
c. pendapat lainnya ........................... (tuliskan)

2. Bahasa yang digunakan (dalam dokumen maupun dalam sajian informasi):
a. Hanya dalam bahasa Indonesia
b. Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris
c. Pendapat lainnya ..........................(sebutkan)

3. Bentuk dokumen:
a. teks saja
b. teks, gambar, audio, audio visual
c. pendapat lain .......(sebutkan)

4. Cakupan dokumen (batasan geografis dan periodik):
a. Tidak ada batasan, baik geografis maupun periodik
b. Dibatasi hanya yang terkait dengan Indonesia saja
c. Dibatasi periodesasi tertentu
d. Pendapat lainnya .............................(sebutkan)

5. Format dokumen:
a. full ext
b. abstrak/daftar isi/anotasi
c. pendapat anda ............................. (tuliskan)

6. Sumber dokumen:
a. semua sumber apa saja
b. buku/karya yang dipublikasikan saja
c. hasi penelitian/karya ilmiah saja
d. pendapat lainnya .........................(tuliskan)

7. Layanan informasi:
a. free
b. berbayar (langganan)
c. free, tetapi harus menjadi member
d. pendapat lainnya ............................. (tuliskan)

Tentu saja kebijakan yang akan diambil tidak hanya terkait dengan 7 item diatas, diharapkan teman-teman memberi masukan "hal" apa lagi yang perlu dibuat kebijakannya.

Sekedar referensi berikut ini dokumen dari Ibu Luki yang membahas tentang kebijakan pengembangan koleksi, klik di sini

Kebijakan Pengembangan Koleksi

Terkait dengan kebijakan yang akan ditetapkan dalam pengembangan koleksi, diminta kepada seluruh komunitas JIP 07 untuk memberi masukan pada item-item berikut ini:
1. Cakupan Bahasa
2. Cakupan periode & geografis
3. Visi, misi sesuai dengan subyek yang diambil
4. Format (berupa full text, abstrak, atau ringkasan)
5. Material Document (tekstual, gambar, sound recording, motion picture)

Dimohon kepada seluruh komunitas/kelompok untuk segera menyampaikan pendapatnya