29 August, 2009

Kursi Roda Skuter Manjakan Difabel

Tokyo - Terobosan baru bagi kaum difabel dihadirkan oleh para ahli robot dan kesehatan di Jepang. Mereka menghadirkan sebuah kursi roda nyentrik, yang memudahkan kaum difabel untuk berpindah tempat. Kenapa nyentrik? Karena tidak seperti kursi roda pada umumnya, kursi roda yang disebut Rodem ini memiliki bentuk mirip skuter. Sehingga pasien atau kaum difabel seolah-seolah sedang mengendarai sebuah skuter.

Rodem dikendalikan dengan joystik dan memiliki pegangan seperti layaknya sepeda motor. Tentunya desain ini memudahkan user untuk mengendalikannya. "Aku percaya ini ide baru untuk sebuah kursi roda," ujar Makoto Hashizume, kepala Veda International Robot Research and Development Centre. Dengan 'kendaraan' ini, pengguna dapat lebih leluasa berpindah tempat tanpa harus terlalu tergantung dengan bantuan orang lain," tambahnya, seperti dikutip detikINET dari AFP, Kamis (27/8/2009).

Ini merupakan penemuan pertama yang ditelurkan Veda Centre yang merupakan proyek bersama antara peneliti robot Jepang Tmsuk Co dan para peneliti dari 10 universitas. Rencananya robot ini akan digunakan untuk bidang kesehatan. Namun, belum ada rencana untuk mengkomersialkannya dalam waktu dekat. Presiden Tmsuk, Yoichi Takamoto menyebut bahwa Rodem masih terlalu sederhana untuk disebut robot. Namun, Rodem akan terus disempurnakan. "Kami akan menambahkan lebih banyak lagi fungsi robot. Misalnya saja, sebuah fungsi yang memungkinkan piranti ini menghampiri tempat tidur saat Anda memanggilnya," tandasnya.
( Sumber : detikinet/Fransiska Ari Wahyu)

No comments:

Post a Comment