11 July, 2008

Diskusi Penelitian


Bertempat di ruang teater Perpustakaan Nasional RI, Kamis 10 Juli 2008 diadakan diskusi yang bertajuk "Penelitian Ilmu Perpustakan dan Informasi-sejarah, paradigma, metodologi". Acara ini menghadirkan pembicara tunggal Putu Laxman Pendit, Ph.D., dan para peserta diskusi adalah mahasiswa pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang berasal dari UI, UNPAD, dan UIN Yogya.

Dari pengalaman peserta diskusi kesulitan yang terbesar dalam memulai penelitian adalah menemukan topik yang tidak keluar dari ranah ilmu perpustakaan dan mengkaitkannya dengan teori-teori yang ada. Walau memang diakui bahwa merumuskan penelitian dan mengkaitkannya dengan grand theory, middle theory, dan application theory memerlukan usaha ekstra, namun pembicara menjelaskan bahwa sebenarnya penelitian ilmu perpustakaan dan informasi berkisar pada 4 topik utama, yaitu:
  1. information storage and retrival

  2. scientific communication

  3. library management/system

  4. user studies
Selengkapnya paparan yang disampaikan dapat di klik disini,http://opini.wikispaces.com/Perpustakaan

2 comments:

  1. eh.... si abi punya blog he he he htrus maju ... ya... acara kemarin pak putu bugus tuh .. sayag temen temen gak banyak yang ikut yach... padahal bagus ...aydmtwra

    ReplyDelete
  2. Buat teman-teman seperjuangan ..., yang tidak sempat pada acara tersebut...paparannya silahkan down load ...
    Buat bu Devi tetap semangat, jangan hilang harapan hanya karena satu kerikil .. oke

    ReplyDelete