29 July, 2008

Perpustakaan Era Kejayaan Islam

Saat ini semua kemajuan seolah berkiblat ke "Barat", sehingga ilmu perpustakaan pun senantiasa disandarkan ke sana. Padahal sekitar 14 abad yang lalu dunia Islam pernah menjadi kiblatnya.

Jika anda pernah menonton film Robin Hood "Prince of Thieves" (1991) yang dibintangi oleh Kevin Costner dan Morgan Freeman, ada sebuah adegan menarik ketika saat-saat kembalinya Robin Hood ke kampung halamannya. Saat Azeem (Morgan Freeman), seorang muslim dari bangsa Moor, teman sepelariannya, menggunakan teropong untuk melihat pasukan sheriff of Nottingham, Robin Hood terkesima dan menampilkan keluguannya. Ketika Robin Hood melihat lewat teropong itu, serentak dia bangkit sigap menghunus pedang, karena melalui teropong itu, pasukan kuda terlihat begitu dekat. Potongan film memberi gambaran bahwa dahulu, Inggris Raya sebagai pusat "Barat", pernah jauh tertinggal oleh "Timur".

Dahulu "Timur" (Islam & China) pernah menjadi kiblat bagi "Barat". Cordova-Andalusia (Spanyol) seolah menjadi saksi bisu kejayaan itu.

Perpustakaan sangat erat dengan peradaban suatu bangsa, hal ini disebabkan karena keberadaan buku sebagai media perekam yang efektif dalam melestarikan dan mengembangankan pengetahuan manusia. Tongkat estafet terus berpindah dari Yunani, Persia, Islam lalu kini "Barat".

Menurut Syalabi, dalam History of Muslim Education, ada tiga jenis perpustakaan pada abad kejayaan Islam, yaitu perpustakaan umum, semi umum dan pribadi. Masuk dalam kelompok perpustakaan umum adalah perpustakaan masjid, sekolah dan perguruan tinggi. Semi umum untuk kelompok tertentu, dan perpustakaan pribadi dimiliki oleh orang per orang biasanya para cendikiawan dan pembesar. Dari beberapa perpustakaan itu tercatat antara lain Perpustakaan Baitul Hikmah, Perpustakaan Haidari (Najaf), Perpustakaan Ibnu Sawwar (Basrah), Perpustakaan Khazanah Sabur Darul Ilmi (Baghdad), Darul Ilm (milik Syarif Radi), Perpustakaan Masjid Az-Zaid dan perpustakaan-perpustakaan lainnya.

Menurut al-Maqdisi, dalam Nakosteen (1964), pengelolaan perpustakaan pada waktu itu sudah mengenal klasifikasi, seperti disebutkan sebagai berikut:

"Perpustakaan Adud Ad-Dawlah di Shiraz, terdiri dari sebuah galeri yang panjang dengan kamar-kamar penyimpanan (gudang) di sebelahnya. Sepanjang dinding galeri dan kamar-kamar penyimpanan, terletak lemari-lemari buku buku yang berisi banyak rak-rak buku. Buku-buku tersusun di atas rak-rak buku, dan untuk masing-masing cabang ilmu pengetahuan dikelompokan secara terpisah"

"Khalifah al-Hakim II mendirikan sebuah perpustakaan besar di Cordova pada dekade akhir abad kesepuluh ...... perpustakaan terbuka untuk semua orang yang suka menggunakannya; para mahasiswa miskin dan para cendikiawan yang menuntut ilmu pengetahuan menerima bantuan finansial dari Khalifah ..... perpustakaanya berisi sekitar 600.000 volume"


Khalifah sendiri adalah seorang mahasiswa dan cendikiawan terbaik di perpustakaan, hampir seluruh koleksi yang ada dia baca, dan memberi catatan pada setiap buku yang dibaca dan ditelitinya berisi data penulis namanya, nama keluarganya, suku bangsanya dan tahun kelahiran dan kematiannya. Dari seluruh koleksi yang ada dibuat katalog judul dan deskripsi sebanyak 24 volume.

Lalu apa yang menyebabkan kehancuran perpustkaan-perpustakaan besar itu?
Menurut Mehdi Nakosteen ada beberapa faktor penyebab, baik faktor internal maupun eksternal. Peperangan, baik perang Salib maupun perang perebutan kekuasaan antara umat Islam sendiri, menjadi salah satu penyebabnya. Perpustakaan menjadi salah satu target yang dihancurkan banyak karya yang tidak terselamatkan. Namun diduga ada juga kasus karena ego cendikiawan itu sendiri, karena ada indikasi perpustakaan dibakar dengan sengaja setelah cendikiawan tersebut rampung menguasai isi perpustakaan tersebut ( mungkin saja hal ini terjadi karena kekhawatiran sang cendikiawan agar ilmu pengetahuan yang ada jatuh ke pihak yang tidak diinginkannya .... mirip film "Avatar the legend of Aang").

Namun kehancuran sebuah perpustakaan Islam juga pernah terjadi karena kecemburuan seorang istri, seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abi Usaibiyyah tentang nasib perpustakaan Pangeran Ben Fatiq:

" Pangeran Ben Fatiq, ingin sekali menjadi master ilmu pengetahuan dan mempunyai sebuah perpustakaan. Begitu turun dari kudanya, ia segera memeluk buku-bukunya dan tidak dapat dipisahkan darinya. Ia tidak mengerjakan apa-apa selain membaca dan menulis....... ia mempunyai seorang istri, seorang wanita bangsawan .."

Setelah Ben Fatiq meninggal, istrinya pergi ke perpustakaan bersama budaknya. Kemudian dia melemparkan ke sebuah kolam air yang cukup besar hingga mampu menampung 1000 buah buku. Buku-buku itu tenggelam dalam kebencian sang istri, karena selama ini ia merasa buku-buku itu lah yang menyebabkan suaminya berpaling dari dia. (Kecemburuan seorang istri, berakibat fatal juga ?!)

20 July, 2008

Foto IDLA














14 July, 2008

Foto Perpusnas





























11 July, 2008

Agenda Seminar

  1. Seminar Manajemen Pengetahuan "Peran Knowladge Management bagi Pengembangan Perpustakaan di Era Global", Waktu: Selasa 15 Juli 2008, Tempat : Gd. Utama Universitas Tarumanagara Jl. Letjen S.Parman No.1 Jakarta Barat, Penyelenggara: Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan & Informasi (ISIPII), Pembicara: Utami Hariyadi, Endang Ernawati, Iris Tutuarima, Rachmat Natadjumena. Kontribusi: Rp.300.000,-. Contact person: Mahmudin (0817-924-9345), Verina (0815-141-65492)
  2. "Managing Change in Library & Information Science" Refreshing Course on Library and Information Sciences, Waktu: 5-7 Agustus 2008, Tempat: Gd. Sampoerna Strategic Square Lt.25 Jl.Jend.Sudirman Kavling 45 Jakarta, Penyelenggara: Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan & Informasi (ISIPII), Pembicara: Sulistyo Basuki, Blasius Sudarsono, Putu Laxman Pendit, Utami Hariyadi, Dady Rahmananta, dll. Kontribusi:Rp.1.000.000,-. Contact person: Mahmudin (0817-924-9345) email: mudination@yahoo.com, Ade Farida (0813-1099-1010) email: Adef29@gmail.com

Diskusi Penelitian


Bertempat di ruang teater Perpustakaan Nasional RI, Kamis 10 Juli 2008 diadakan diskusi yang bertajuk "Penelitian Ilmu Perpustakan dan Informasi-sejarah, paradigma, metodologi". Acara ini menghadirkan pembicara tunggal Putu Laxman Pendit, Ph.D., dan para peserta diskusi adalah mahasiswa pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang berasal dari UI, UNPAD, dan UIN Yogya.

Dari pengalaman peserta diskusi kesulitan yang terbesar dalam memulai penelitian adalah menemukan topik yang tidak keluar dari ranah ilmu perpustakaan dan mengkaitkannya dengan teori-teori yang ada. Walau memang diakui bahwa merumuskan penelitian dan mengkaitkannya dengan grand theory, middle theory, dan application theory memerlukan usaha ekstra, namun pembicara menjelaskan bahwa sebenarnya penelitian ilmu perpustakaan dan informasi berkisar pada 4 topik utama, yaitu:
  1. information storage and retrival

  2. scientific communication

  3. library management/system

  4. user studies
Selengkapnya paparan yang disampaikan dapat di klik disini,http://opini.wikispaces.com/Perpustakaan

04 July, 2008

Journals Online

1. Agronomy Journals, http://agron.scijournals.org/contents-by-date.0.shtml
2. American Journal of Distance Learning, http://www.ajde.com/
3. American Journal of Education Technology, http://www.ascilite.org.au/ajet/ajet.html
4. Canadian Journal of Educational Communication, http://www.cjlt.ca/index.html
5. Journal of Interactive Media in Education, http://www-jime.open.ac.uk/
6. Journal of Biology, http://jbiol.com/home/
7. Journal of Biological Chemistry, http://www.jbc.org/
8. Journal of Computer-Mediated Communication, http://jcmc.indiana.edu/
9. Journal of Educational Technology & Society, http://www.ifets.info/
10. Journal of Online Learning and Teaching, http://jolt.merlot.org/index.html
11. Jurnal Ekonomi Rakyat, http://www.ekonomirakyat.org/
12. The Turkish Online Journal of Distance Education, http://tojde.anadolu.edu.tr/
13. The Philosophers' Magazine, http://www.philosophersnet.com/magazine/
14. Language Learning & Technology, http://llt.msu.edu/

03 July, 2008

Home

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَم
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
(QS. Al-Alaq 1-5)